Sabtu, 04 Juli 2015

Siapa Madzhabku?-Story of me-

Dear..Assalamu'alaikum
Oke aku bakal cerita apa yang terjadi di hari ini. Sungguh luar biasa ternyata ketika wahyu dalam dakwah itu datang kapan saja, lewat perantara siapa saja dan entah melalui suatu kejadian yang direncanakan atau yang tidak direncanakan, entah melalui kejadian konflik argumen atau kejadian lainnya.
Tadi, Selepas waktu Dzuhur...
   ''Dek..baca Qur'an yu'', ajakku kepada adikku, Fadhila.
   ''Ayo Teh. Teh ica bukannya lagi udzur ya?'', Tanya Dhila.
   ''Iya Teteh lagi udzur, tapi kata orang-orang sih gapapa kalo baca dan megang Qur'an doang, kalo sholat sama puasa baru ga boleh. Ayo cepetan ambil Qur'annya ! udah sholatnya kan?'',Kataku sambil memegang sebuah Al-Qur'an dengan beralaskan saputangan.
   ''Oh gitu ya..aku kan belum tau masalah begitu soalnya aku belum pernah udzur hehehe, iya udah sholatnya'', Jawab Dhila sambil mengambil Qur'an di loker.
   ''Udah Juz barapa dek? sekarang mau tadarusannya yang rutinan di rumah atau majlis ta'lim nih?'', Tanyaku.
  '' Alhamdulillah Juz (blablabla), yang di rumah aja ah kalo yang di ta'lim kan bareng-bareng sama temen'',Jawabnya.
 ''Oh yaudah ayo Al-Fatihah dulu bareng-bareng'', Ajakku sambil membuka lembaran Qur'an beralaskan sapu tangan.
 Tiba-tiba Alya, Adik ke dua-ku yang berumur 3 tahun menghampiri kami yang hendak membaca Ummul Qur'an ini sambil membawa Iqra'.
''Adek mau ngaji ih'', Ucap Alya kekanak-kanakan sambil duduk.
''Iya boleh, tapi jangan ganggu teteh. Kalo ngaji ya ngaji jangan ganggu ya, biar jadi anak sholeha'', Kataku.
Beberapa menit berlalu, Kami melantunkan ayat suci Al-Qur'an dengan sedikit lantang hingga pada akhirnya Ayah yang baru saja pulang dari Masjid mendengar kami bertiga membaca Qur'an dari sudut Kamar. Kemudian, Ayah membuka pintu kamar kami yang sedikit tertutup.
''Pinter lagi pada ngaji..Loh Ica bukannya lagi udzur? ko ngaji?'', Tanya Ayah.
Seketika Lantunan Ayatullah terhenti sejenak dari mulut kami berdua ( Aku dan Dhila) kecuali Alya yang tiada hentinya membaca Alif, Ba, Ta, Tsa dst.
''Iya yah lagi udzur, ya kan kata orang-orang katanya gapapa kalo ngaji walaupun lagi udzur asal ga bersentuhan langsung sama kulit. Nah kan ica pegangnya pake sapu tangan yah'', Jawabku.
''Ya Tetep ga boleh ca..baca ayatnya aja ga boleh, kamu tau darimana? Ada ga Perawinya yang bilang kalo lagi udzur boleh baca dan pegang Qur'an?'', Ujar Ayah.
'' Dulu, ada orang yang bilang gitu ke ica terus dulu juga ica pernah sempet baca artikel islami katanya kalo lagi udzur boleh tuh'', Jawabku.
''Taro Qur'annya dulu...walaupun ayah ini ikhwan tapi ayah tau Fiqihnya Akhwat, masa kamu akhwat ga tau? di Ta'lim emang ga pernah bahas ginian?'', Ujar Ayah.
''Pernah sih yah waktu itu Ustd. Ihyar pernah bilang ga boleh kalo lagi udzur baca Qur'an, Nah tapi semakin lama Ica banyak ngedenger kata orang katanya boleh-boleh aja tuh kalo lagi udzur baca qur'an. Jadi, Ica ngambil informasi yang sering Ica denger deh.'', Jawabku.
''Ilmu itu jangan dari banyaknya orang yang bilang, kata ini lah kata si itulah...tapi Ica juga harus terjun langsung ke ilmu-Nya, Jangan asal denger dari orang lain'', Timpal Ayah.
''Abisnya Ica bingung banyak banget perbedaan pendapat dalam Fiqih padahal masih dalam satu Agama, lagian juga kali-kali ko yah cuma Ramadhan doang soalnya pengen ngejar khataman sebanyak-banyaknya apalagi di Malam Lailatul Qodar'', Gerutuku.
''Nah dari perbedaan itu kamu harus tau ada dimana posisi kamu, kalo udah ada di satu titik ya kamu harus konsisten ga boleh pindah ke lain titik'', Timpal Ayah.
'' Iya yah iya,iya,iya,iyaaa...tapi Ica masih ragu, Coba sekarang Ica Googling dulu yah tentang masalah ini'', Jawabku.
''Iya Coba Googling, tanpa Googling juga ada ko jawabannya di Tafsiran kuning punya Ayah'', Ujar Ayah sambil mencari Kitab kuning di loker.
''Tuuuuh yah bener aku kan..tuh katanya boleh ko wanita yang sedang dalam kedaan haid dan nifas membaca Qur'an dengan menggunakan penghalang dalam memegangya'', Jawabku sambil menunjukan bacaan tsb di Hp.
'' Itu ada Perawi nya ga? atau cuma dari kesimpulan para Ijma'?'', Ujar Ayah.
'' Ga ada perawinya yah, tapi disini disebutkan bahwa katanya ga ada hadits yang shahih yang melarang wanita yang sedang haid membaca Al-Qur'an, Berarti hadits nya masih Dhaif yah'', Timpalku.
''Coba kamu Googling nya pake keyword ditambahin ''Menurut Nahdatul Ulama'', Perintah Ayah.
''Iya..''
Sementara itu Ayah sibuk membuka halaman per halaman Kitab Kuning Tafsiran Imam Syafi'i, Sedangkan Aku sibuk Googling
''Ni yah yang menurut NU, Eh iya katanya Dilarang bagi orang yang tidak dalam keadaan bersuci membaca Al-Qur'an sedikitpun'', Jelasku.
'' Nah maksudnya apa coba? Jelasin coba sama kamu!'', Perintah Ayah.
'' Ya berarti kalo lagi udzur ga boleh baca sama megang Qur'an dong kan lagi dalam keadaan tidak suci...Ah kalah Argumen deh malu Hayati haha'', Jawabku.
''Ada Perawinya?'', Tanya Ayah.
''Ada yah H.R Tirmidzi'', Jawabku.
''Nih lebih jelasnya kamu baca di Tafsiran Imam Syafi'i ada ko..pelajari dulu baik-baik baru dawamin, jangan asal denger dari si itu lah si ini lah'', Ujar Ayah sambil menyerahkan Tafsiran.
''Iya..Tapi kenapa ko di internet aja jawabannya beda-beda?'', Tanyaku.
''Nah itu yang disebut perbedaan Madzhab, kamu kan Madzhab nya Imam Syafi'i berarti Nahdatul Ulama kan Organisasinya Jadi kalo ada ilmu Agama tentang apa aja kamu harus berdasarkan Madzhab kamu. Jangan misalkan gini..Kamu sholatnya mengikuti sholatnya imam syafi'i tapi giliran perihal yang lain kamu ikutnya madzhab yang lain itu ga boleh. Madzhab harus satu yang kamu anut, berarti pedoman juga harus satu yang harus kamu fahami. Menurut Imam syafi'i kan kalo lagi udzur dilarang megang Qur'an, karna untuk menjaga kehormatan Qur'an kalo kita lagi dalam kedaan berhadas, ya kamu harus dawamin.'', Jawab Ayah.
''Terus kalo tadarusan lagi udzur lewat hp gimana yah?'', Tanyaku.
''Ga papa, tapi lebih baiknya kamu Dzikir dan Do'a aja sebanyak-banyaknya itu lebih baik untuk mencegah keraguan dalam perihal membaca qur'an kalo lagi udzur'', Jawab Ayah.
''Makasih banget yah..sumpah demi apapun ngena banget lah. lop yu pul lah yaaaaaahhh♥'', Jawabku.
''Cinta Bang Ipul maksudnya?'' kata Ayah sambil keluar dari Kamarku.
''Cinta Ayah laaah'', Ujarku.

Ini Berdasarkan Pengalamku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar