Sabtu, 04 Juli 2015

BAPER? 😘😘😘

Apa Itu BAPER ?
Baper itu singkatan dari bawa perasaan. Yaa.. Artinya kayak sensitif gitu deh. Kayak ngambil hati gitu. Bukan Carmuk bukan juga Caper. Entah seseorang yang memiliki jiwa baper tuh hatinya terbuat dari apa? Selunak apa? Seelastis apa? Apa mudah hancur? Tanya aja ke orang baper *nunjuk gue ndiri*.

Apa definisi baper?
Menurut teori IMN, baper adalah keadaan di mana seseorang terlalu membawa perasaannya dalam suatu hal. Bahasa gaulnya sih, dimasukin ke ati. Apa-apa pake perasaan gitu. Kasarnya, gampang tersinggung. Sensitif.

Bagaimana contoh baper?

Contoh 1:
A : "Duh, si C dipasang-pasangin sama V mulu, deh... Jadi galau kan gue."
Y : "Baper lo."
C : "Tau deh yang gak jomblo mah beda :("

Contoh 2:
B : "Eh anjir, si T nge-love foto gue di Instagram!!! Dia suka sama gue kali, ya?"
C : "Ah lo baper aja kali."
*taunya kemudian jadian*


Menurut gue, baper itu wajar. Bagus, dong. Berarti orang itu masih punya perasaan. Semua orang diciptakan punya perasaan, kan? Bayangkan, sodara-sodara, jika seluruh manusia di dunia ini, tak punya perasaan... Betapa hancurnya dunia ini... Penuh dengan keegoisan... Maka dari itu... Cepatlah bertaubat... Pintu ampunan Allah selalu terbuka... Kok gue jadi ceramah gini.
Oke lanjut.
Baper sering dialami oleh cewek. Yak, cewek. Cewek adalah makhluk yang sangat amat lembut dan sensitif perasaannya. Kayak bulu kucing aja ya *jangan suruh gue bahas kucing-_-*. Cewek tuh apa-apa pake perasaan mulu, logikanya belakangan. Beda sama cowok, yang lebih menomorsatukan logika.
Cewek baper? Wajar. Gue juga baper kok. Tapi, ini baper dalam kadar yang secukupnya, ya. Baper secukupnya itu wajar. Tapi, kalo terlalu baper sampe galau bombay? Nah, itu baper yang bikin orang sebel. Jujur sih gue bisa disebut ORANG BAPER yang KEBANGETAN, tapi gue baper bukan karna nge-galauin masalah doi lah, gebetan lah, apalagi MANTAN *gue ga punya pacar dan mantan INGET!*, Gue baper karna nge-galauin urusan deadline tugas yang bejibun yang kelar 1 tumbuh deadline berikutnya, bisa juga karna gue ngeliat orang-orang yang prihatin hidupnya ya gue sering malah ngeluarin air mata tiba-tiba tanpa orang lain tau, bahkan waktu itu di depan sekolah gue kan ada kakek-kakek jualan Melon, Belewah, Pisang keliatan kepanasan gitu nongkrong di pinggiran jalan nungguin dagangannya yang belum laris-laris..Nah disitu tanpa sadar gue ngeluarin air mata dengan derasnya *eaaa* eh begitu temen gue ngeliat gue, dengan refleknya gue hapus tuh air mata pake kerudung gue dan untungnya ga ketauan, coba kalo ketauan kan berabe urusannya bisa-bisa gue makin dicengin baper.
Cowok baper? MUSTAHIL. Seriously, kapan sih cowok bisa baper??? Kenapa cowok ga bisa baper? Haaaahhh... Mungkin nanti kalo negara api, tanah, air, dan udara udah damai dan bersatu, baru cowok bisa baper. Untuk bapernya cowok ini, gue ga bisa bahas, karena gue juga ga ngerti kenapa cowok ga bisa baper. Mungkin cowok terlalu pake logika jadi perasaannya dinomorduakan. Yah, begitulah.

Gue mau cerita sedikit tentang pengalaman baper gue yang lain ya. Dengerin nih *eh baca deng*
Pada suatu hari..*eh cut* baku amat bahasanya, udah pake bahasa kewl aja ya wkwk.
Jadi gue pernah tuh pas lagi ngobrol sama keluarga dan ini yang pasti kejadiannya di Rumah lah ya
Ayah : ''Ca kalo Ayah, Mama, Dhila, Alya hari Minggu pergi ke (J*ngle La*nd), Tapi kamu ga ikut boleh ga? Kan soalnya hari Minggu Ica ada kerja kelompok di rumah temen bukan?''
Gue : ''Ih males apaan sebel banget jahat..masa jalan-jalan ga sekeluarga, mana jalan-jalannya ke tempat yang belum pernah Ica kunjungi, mending kalo jalan ke Mall. Pokonya mah ga boleh''
Mamah : ''Kamu ikut aja nanti sam Om topik Bulan Mei, katanya si Om punya tiket sisa lebaran kemaren tuh ca''
Gue : ''Terus emang kenapa Mamah sama Ayah pengen cepet-cepet jalan-jalan? Padahal kan bareng Om juga bisa nanti, udah gitu kan aku bisa ikut kalo di lain waktu..ngebet banget sih jalan-jalan -_-''
Ayah : ''Adek kamu ca ga sabaran pengen cepet jalan-jalan''
Gue : ''Terus mau maksain gitu pergi tapi Ica ga ikut? egois banget sih Yah, Ica juga anaknya kali'' (Udah hampir netesin air mata)
Ayah : ''Ya iyalah Adek kamu masih kecil mana ngerti kalo dibilangin, harusnya kamu yang lebih ngerti. A Dhoni aja mau bareng Si Om ca''
Mamah : ''Daripada kalo Minggu Ica ikut, nanti kerja kelompok kamu gimana?''
Gue : ''Yaudah sih kalo itu maunya..kesel tau ga, sekalian aja aku ga usah jalan-jalan sama sekali''( sambil nangis ke Kamar)
Ayah : ''Eh si Ica mah.. dengerin dulu makanya''
Gue : ''Males''(sambil nangis)
Ayah : ''Kamu mah ga tau kalo Ayah sama Mama bohong'' (sambil ketawa)
Mamah : ''Iya kan jalan-jalannya Minggu depan ca, kamu jadi orang sensitif amat hatinya apa-apa nangis''
Ayah : ''Iya Baper kalo kata orang gaul mah ''
Gue : Lah ko Ayah tau baper (dalem ati)
Gue : ''Jadi cuma sandiwara nih sok sok an ekting? -_- jangan bercanda sama Ica mah kalo masalah ginian udah tau Ica mah orangnya cepet kesel terus nangis deh''
Ayah : ''Ternyata emang Baper''
Tiba-tiba adek gue nyeletuk ''Ahahaha Baper belom makan kali''
Mamah : ''Itu laper''
Mereka semua ngakak, Lah gue di kamar malu-malu gedeg gimana gitu. Gue hapus deh air mata sia-sianya.

Inilah gue apa adanya dan emang bukan dibuat-buat. Gue emang Baper. Tapi di sisi kebaperannya gue, ada manfaatnya buat gue dan orang lain. Jadi kalo gue ngomong sama orang lain ga asal jeplak, gue takut orang tsb sakit ati gara-gara omongan gue. Nah karna gue juga terkadang seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar