Sabtu, 17 Agustus 2013

Cerbung Part 1 ( Secarik lembaran Diarryku)

Senja pagi telah tampak dari ufuk timur Melengkapi Awan yang Mulai membiru,Semilir hembusan udara pagi serta burung burung nan lucu bersiul-siul menemani jiwaku.Entah apa setiap Pagi burung burung begitupun alam yang sejuk selalu hadir dalam jiwaku layaknya seperti teman di pagi buta itu.
     Seperti biasanya sehabis aku melaksanakan Sholat Shubuh berjamaah bersama dengan Ayah dan ibuku juga Si mungil Aifa walaupun dia baru berusia 4 tahun, aku tak lupa untuk selalu mengintip ke sela-sela jendela kamar . Entah betapa indahnya alamku ini saatku tengok di sela sela jendela sambil dibukanya jendela Subhanallah udara di pagi itu mengawali kesemangatanku untuk segera menuntut ilmu ke sekolah.
     Oh ya…namaku Manda husnul khatimah sebutanku sih bermacam macam ada yang menyebutku dengan panggilan “enda,unul”ah…entahlah orang orang mau manggil apa ,tapi sih yang lebih populer dengan sebutan “unul”itu berawal dari ayah yang memanggil manggilku dari sejakku masih usia balita mungkin…huh sebenarnya aku tak permasalahkan itusih,tapikan namaku bagus bagus eh…dipanggilnya yaampuuunnn…ayah
Sekarang aku duduk di bangku SMP tepatnya kelas 8 di SMPIT Almadinah…Ayahku menyekolahkanku di tempat yang khusus didalami ilmu Agama islamnya betapa senangnya sekali…aku memang sangat,sangat dan sangat menyukai pelajaran ilmu Agama islam sampe sampe di kamarku itu buku buku islam Aku koleksi                                       ^ &*
Ketika selesai mandi dan sarapan,seperti hari-hari biasa aku selalu mengawali hari hariku dengan ucapan”Bismillah…”itu berawal dari nasihat ayah ,memang ayahku itu orangnya sering menasihati masalah Agama atau juga bisa dibilang Penceramah di keluargaku sih
Sesampainya di sekolah…kawan kawanku sudah datang terlebih dulu sebab hari ini ia kebagian tugas piket .Begitu aku masuk ruang kelas…Dinar,Uthi dan laras sudah memberiku Senyuman lebar…Akupun membalasnya senyuman mereka…oh ya mereka semua itu teman sepermainanku di sekolah bisa disebut SEJOLI hehe…aku senang bermain dan bergaul dengan mereka karena mereka semua itu  teman yang baik-baik selain itu dikarenakan kebetulan semua sahabatku itu ternyata Ayahnya adalah teman kantor ayahku ,jadi makin deketkan .tapi kata Ayah,walaupun kita udah punya teman Sejoli,tapi tetep aja ngga boleh pilih – pilih temen.
                                                   ^&*KBM
     Hari ini adalah Khusus pelajaran Ilmu Fiqih saja,pembahasan kali ini mengenai Tata cara mandi Junub bisa dibilang mandi besar
Nah,kebetulan sekali minggu minggu terakhir aku baru saja sudah dinyatakan ‘akil balig’sebab aku sudah mengalami’menstruasi’jadi…perlu tau cara cara mandi junub.Hari itu bu guru bilang kalo mandi junub dilakukan karena jika kita sudah selesai menstruasi atau bahkan ibu kita yang sudah nifas,selesai melahirkan
Sekarang…aku tambah paham tentang mandi junub itu,sebenarnya dari awal aku sudah diajari ibuku tapi hanya niatnya saja.
          __________________________________________-

BEL SEKOLAH….
     Setelah berjam jam dan cukup lama ,jam tanganku menunjukkan pukul 12.00,terdengar adzan telah dikumandangkan di mushola SMP …Dinar,uthi dan laras segera menarik lenganku yang masih menulis catatan bu guru di papan tulis rupanya sudah disuruh untuk melaksanakan sholat dzuhur.Akupun segera meninggalkan tugas catatanku yang masih numpukk dan segera barwudhu ke mushola.
     Setelah Sholat zuhur…KBM pun kembali dilaksanakan Mukaku yang tadinya nguantukkk…tapi setelah disirami air wudhu kembali fresh pokoknya udah kaya minuman botol yang dikeluarin dari freezer deh hehe
     Ngga kerasa lagi, jam tanganku udah menunjukan pukul 12.50…bel sekolahpun sudah berbunyi tandanya udah pulang…Eitss…tapi disini aku,dinar,uthi dan laras ikut Study Club PAI kami semua Alhamdulillah terpilih oleh bu guru untuk ikutan Organisasi ini,jadi belum bisa pulang…aaahJwalaupun begitu sih tapi happy happy aja deh dibawanya siapa tau kita semua jadi lebih tambah pengetahuannya apalagi ibu dan ayahku sangat mendukung sekali aku ikutan organisasi ini.
     Ketika kegiatan Organisasi ini sudah dimulai,Seperti biasa kami semua diberikan kertas kertas yang berisikan soal soal Agama Islam ,kami disuruh untuk sering mengerjakannya agar terlatih dengan soal agama islam.Tiba-tiba bu guru bilang kepada kami bahwa organisasi ini diadakan karena ini merupakan penunjang jika ada keikutsertaan lomba cerdas cermat PAI…bu guru juga bilang kalo aku,dinar,uthi dan laras diikutsertakan lomba cerdas cermat PAI tahun ini.Alhamdulillah……aku sangat senang kalo dipercaya oleh bu guru untuk mewakili sekolah.Aku ngga ada bosan-bosannya untuk ikut lomba ini meski dari kelas 3 SD berturut turut hanya lomba di bidang ini sampe sampe di kamarku ada sekitar 6 piala LCCPAI beserta 4 piagam lainnya…walaupun aku hanya ahli di bidang agama saja,tapi tetep saja aku ingin sekali mendapatkan penghargaan dari bidang Olimpiade IPA,MTK dan lainnya…jadi mungkin ngga ya..aku bisa mengoleksi trophy hingga 100 hehe  insyaallah mungkin bisa kali kalo ampe MANULA
                       ^*`%

Akhirnya pulang juga…lalu aku segera pamitan pada bu guru.Ketika di gerbang Sekolah aku dengan teman sejoli ku melihat kakek-kakek yang memakai baju yang sudah compang-camping,lusuh dan robek-robek duduk di bawah pohon rambutan dekat Masjid sambil memegang sebuah wadah meminta-minta.Astagfirullah…rupanya kakek itu seorang pengemis,aku kasian dan ngga tega ngeliatnya…jadi aku ajak teman sejoliku untuk menyisihkan uang untuk diberikan pada kakek itu.Untungnya diantara teman sejoliku ini ngga pelit-pelit bersedekah.Ketika aku dan yang lainnya memberikan uangnya tepat diatas wadah,keliatannya kakek itu memegang perutnya sambil meringik kelaparan.Tambah ngga tega akhirnya aku Tanya pada kakek itu”Permisi…kakek lapar dan haus?saya belikan makan dan minum ya” kakek itu menolak tawaran dari aku,tapi aku bilang pada dia bahwa jika ada rezeki dari Allah SWT tdk boleh ditolak,itu merupakan rezeki dari Allah lewat perantara kita semua.Akhirnya…setelah dirayu rayu,kakek itupun mau menerima tawaran kita,kita bawa kakek itu ke Warteg untuk dibelikan Nasi bungkus dan minuman botolan.Selesai kakek itu makan dan minum,dia banyak banyak berterimakasih padaku dan teman sejoliku sambil mendoakan kita.lalu aku mengingatkannya”kakek sudah sembahyang zuhur belum?” kakek itupun bilang Alhamdulillah nak sudah.Aku takut kalo kakek itu lupa akan sholatnya gara gara hanya jadi pengemis.Selesai aku bayar ke tukang warteg,kakek itu kembali ke masjid dan kami semua segera pulang ke rumah masing-masing.

 COME HOME...

Sampai di rumah “Assalamualaikum”lalu ibuku yang menjawab.Aku segera mengabari tentang kabar gembira kalo aku terpilih menjadi peserta LCC PAI lagi… .Ibuku langsung bangga lagi dengan mukanya yang keliatan gembira.

     Entah apa tiba-tiba Aifa si Adik kecilku langsung datang menghampiriku dari kamar dengan muka yang senang dan wajah wajah yang polos.Alhamdulillah….ternyata dia bilang kalo di kamar ada sesuatu untukku pemberian dari tante ima yang datang mampir tadi pagi dan baru pulang sejam yang lalu.Aduuhh…Si Aifa bikin aku penasaran.tapi,apa mungkin ini sebuah kado?apa ya?tapi ku lihat ibu biasa biasa aja.Tanpa menunggu waktu lama,aku ngga menaruh tasku yang masih ku gendong.Sampai di pintu kamar,tapi ngga ada sebuah apapun di kasur yang tergeletak.Ahhh…lalu aku sempat kecewa dan pasti ini ulah Aifa yang bohong padaku.lalu aku marah pada Aifa dan menghampirinya,lalu ibu menuju kamarku dan tanpa banyak omong ibuku mengeluarkan sebuah baju gamis dan sebuah Novel Islami dan memberikannya padaku.Alhamdulillah……aku segera minta maaf pada Aifa dan bertanya pada adikku kalo dia diberi apa.Aifa memperlihatkan sebuah Mukena dan Boneka Teddy kesukaannya.ibu menyuruh agar aku segera menghubungi tante ima atas rasa terimakasih padanya.Segera,aku langsung meghubungi tante ima dengan mengucapkan banyak banyak terimakasih atas pemberiannya dan mendoakan tante ima.Aku masih teringat pada sosok kakek yang bilang rasa terimakasihnya padaku supaya aku dibalas dengan sesuatu yang lebih berharga…oh ya…yayaya aku baru sadar bahwa Allah itu maha tau ternyata setelah aku bersedekah pada kakek itu…Allah memberikan sesuatu pada aku dan Aifa sesuatu yang lebih berharga mungkin inilah balasannya…tapi Ayah bilang kalo sedekah ngga boleh langsung mengharapkan balasannya siapa tau balasannya itu di akhirat.Alhamdulillah ya Allah…Ternyata doa seorang yang membutuhkan itu mujarab…J

     Pokoknya hari itu ngga bisa dilupain,lagi ngisi pr aja aku masih berpikir pikir hal itu,aku jadi tambah semangat untuk banyak bersedekah tapi aku ngga mau terlalu mengharapkan imbalannya.Saat itu Aifa ngedeketin aku sambil Asyik bermain main tempat pensilku dan melihat aku yang sedang sibuk dan melamun ngerjain tugas,aku bilang aja padanya bahwa jika kamu ketemu pengemis kakek kakek yang sudah begitu tua…kamu jangan pelit-pelit untuk bersedekah padanya karena Allah pasti akan membalasnya baik di dunia maupun di akhirat..Eh tapi Aifa malah geleng geleng kepala dan bilang gini kalo dia ngga tau apa itu sedekah…Aduhh de Aifaaaa……aku udah ngomong panjang lebar dia malah ngga ngerti…maklum namanya masih kecil kali ya.udah aja aku certain sampe dia ngangguk-ngangguk kepala tapi tau dah dia udah ngerti apa belom…biarin dah yang penting aku sebagai kakaknya udah ngasih masukan ntar juga paling dia ngerti sendiri,lagipula dia masih anak Play Group…oh ya lupa akukan belom Sholat Ashar…nanti ayah keburu pulang dan nanyain aku kalo aku udah sholat belum?aaaaaaaaaaa ntar dulu ya de ngejelasinnya dddaaddadah aku mau sholat……cusssss*(sambil lari terbirit-birit dan Aifa malah bingung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar