Sabtu, 18 Oktober 2014

Obat Anti Galau

Kita sebagai manusia kadang pernah merasakan kegundahan, kerisauan dan kesedihan. Tapi pada hakikatnya semua perasaan itu tidak akan muncul selagi Allah Yang Maha Penyayang selalu ada di hati dan pikiran, bahkan ada di setiap hembusan nafas kita. Di sisi Allah lah kunci-kunci gaib itu, Dialah yang bisa membebaskan kita dari kerisauan, kegundahan. Dan kita selalu senantiasa bersimpuh di hadapan-Nya seraya berdoa:

“Wahai Allah, aku berlindung kepada-Mu dari resah dan gelisah, dari sedih dan derita, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat pelit dan pengecut, dan dari lilitan hutang serta dari tekanan orang yang lalim”

Doa tersebut berasal dari buku motivasi muslimah yang pernah saya baca, dan jika membacanya terus menerus serta menghayati makna-maknanya, Allah akan senantiasa mengusir segala kerisauan, keresahan dan kegundahan yang menerpa diri kita. Insya Allah, saya sendiri juga menerapkannya jika kerisauan menerpa diri saya.

Selain itu banyak penawar-penawar untuk mengobati segala kerisauan dan kegundahan yang menerpa, beberapa hal yang saya lakukan jika semua itu menerpa saya yaitu dengan menggunakan sebagian waktu saya untuk membaca buku-buku bermanfaat (seperti majalah islam, buku motivasi islam, dll) atau mendengarkan kaset-kaset yang berfaedah. Mendengarkan senandung ayat-ayat suci Al-Qur’an, dimana satu ayat saja yang terdengar bisa mengubah kepribadian, menebus relung hati dan menggugah perasaan saya. Penawar yang paling ampuh menurut saya yaitu dengan Sholat, perbanyak membaca Al-qur’an dan menghayati maknanya serta menangis bersimpuh kepadaNya seraya memohon ampun. Sungguh itu penawar yang sangat ampuh untuk mengobati segala macam kerisauan dan kegundahan hati yang menerpa, percayalah!

Penawar kerisauan, kegundahan tidak dapat diobati dengan music, lagu-lagu murahan, film-film picisan, sinetron-sinetron kacangan atau majalah-majalah yang hanya berisi berita murahan. Karena sesungguhnya sarana-sarana tersebutlah yang merupakan kunci-kunci pembuka kesengsaraan, jalan-jalan menuju kesempitan, pintu-pintu kerisauan, kegundahan dan kesedihan hati. Itu semua telah banyak diakui dan dibuktikan oleh orang-orang yang pernah menggelutinya dan kemudian bertobat. 

Percayalah. Allah lah sebaik-baiknya tempat kembali, tempat mengadu dan tempat meminta.  Kembali kepada Allah lah satu-satunya penawar untuk semua kerisauan, kegundahan dan kesedihan hati.

Lirik lagunya Opick juga menuliskan kalau dengan mengingat Allah hilangkan semua kesedihan, meskipun saya bukan pecinta musik tapi setidaknya tau lah yah lagu-lagu bertema islam mah. Hee.. 

Hasbunallah wanikmat wakil
Nikmat maulana waanikman nashir
Bila hati gelisah
Tak tenang, tak tentram
Bila hatimu goyah
Terluka, merana
Jauhkah hati ini dari Tuhan, dari Allah
Hilangkan dalam hati dzikirku, imanku
Hanya dengan Allah
Hatimu akan menjadi tenang
Dengan mengingat Allah
Hilangkan semua kegelisahan
Cukuplah hanya Allah
Hati bergantung dan berserah diri


La-Tahzan yaaa ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar