Selasa, 14 Januari 2014

INSOMNIA-;-















Hallo! ... Kamu pernah ngalamin yang namanya susah tidur atau yang biasa disebut insomnia?Sebenernya insomnia itu ada karena emang udah keseringan tidur malem, dan bisa juga karena banyaknya jomblo yang gak diucapin ‘Good Night’ padahal mah kenyataan nya emang gak bakalan diucapin apa-apaan sama siapa-siapa.
Pahit!
Insomnia biasanya disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang nyaman. Kayak misalnya, lo lagi nginep dirumah temen, trus tidurnya di genteng rumahnya. Nah, pasti gak nyaman banget tuh karena di-caper-in banyak nyamuk.
Bisa juga karena situasi kehidupan yang lagi stres. "Baru pulang Shoping dan sekarang udah jam 10 malem. Duh, mana besok tugas deadline, ditambah ulangan Fisika 2 Bab, Puisi hafalan Bahasa Inggris 2 lembar, Pacar lagi ngambek (dibagian ini hanya dikhususkan bagi yang punya),  Besok postes Plh, belum bikin Kartu Undangan buat tugas TIK." Dan kalo situasi lagi kayak gitu, rasanya pingin teriak “AAAA UUOO UUOOO.”

Cara Mengatasi Insomnia :

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur, tidak untuk belajar, nonton TV, ngemil, atau kegiatan lainnya.

Jangan sampe tempat tidur dijadiin tempat karaokean, tempat atraksi motor, pasar malem, kebon raya, dan tempat-tempat freak lainnya.

Hindari tidur siang.

Hindari tidur siang yang bener-bener tidur. Maksudnya disini bukan tidur siang tapi gak merem. Maksudnya, tidur siang yang gak lebih dari 2 jam. Kalau tidur siang dari jam 1 sampe jam 4 dijamin bangun-bangun badan bakal lemes trus jadi males ngapa-ngapain. (Males disini gak termasuk males mainan gadget dan update Jwu).

Hindari cahaya dari televisi, komputer, dan gadget

Harusnya sih kita tidur gak perlu nyalain lampu. Karena emang enakan tidur gelap atau pake lampu kecil. Coba aja kalian tiduran terus lampu dimatiin, tungguin 5 menit, trus nyalain lagi lampunya, dijamin SILAU. Tapi karena banyaknya orang Indonesia yang parno, akhirnya tidur juga lampu dinyalain.

Konsumsi makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi

Makanan potasium atau magnesium itu kayak apa sih? Kayak pempek, batagor, cilung, martabak gitu? Hahaha. Sebenernya makanan yang mengandung potasium dan magnesium itu kayaki pisang dan  almond. Buah pisang punyaikandungan triptofan yang bisa bikin lebih cepat tidur dan tidur nyenyak karena hormon otak anda lebih tenang.

Jangan mengkonsumsi kafein di sore hari

Kita semua tau kalau kafein itu pasti bikin kita gak bisa tidur. Jadi, hindari minum kafein di sore atau malam hari. Kecuali kalo lo mau ngeronda malem keliling komplek.

Berdoa Sebelum Tidur

Ini dia cara yang paling ampuh bikin kita bisa tidur nyenyak. Cara ini emang wajib dan harus dilakukan sebelum tidur. Dengan berdoa, perasaan kita menjadi tenang dan dapat membuat kita nyaman untuk tidur.


Nah, gimana tips nya nih?? Semoga bermanfaat ya. Maaf masih banyak yang kurang. Dikasih tau deh dari sekarang, yang jomblo jangan ngarep diucapin good night, yang beneran Insom semoga abis baca ini langsung bisa tidur nyenyak. Dicoba deh, dijamin nanti gangguan insomnianya dapat berkurang. Oke, selamat tidur dan semoga tidak terkena insomnia lagi.
Writer:@burhan_nisaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar